Sunday, April 1, 2012

Perbedaan antara Pemancar TV, Radio dan Pemancar FM

Kalau kita mau belajar lebih lanjut tentang TV, radio dan alat komunikasi lain, ada banyak hal yang bisa ketahui. Salah satunya adalah tentang pemancar. Ada beberapa pemancar yang akan kita bicarakan saat ini dan yang pertama adalah Pemancar TV. Apa yang dimaksud dengan pemancar tv yang bisa kita lihat ada di stasiun TV di Indonesia. Pemancar TV adalah alat yang memancarkan sinyal electromagnetic ke area disekitarnya yang kemudian akan ditangkap oleh TV yang ada di rumah orang-orang.

Banyak sekali tipe pemancar yang bisa kita temukan ada di pasaran dan pemancar tersebut dapat dibagi berdasarkan standard sistem yang digunakan, fasilitas pendukung, tenaga yang dikeluarkan, fasilitas stereophonic, kombinasi antara tenaga visual dan aural, dan juga berdasarkan elemen sirkuit yang aktif didalamnya.

Mari kita lanjutkan ke pemancar lain yang bisa kita temukan. Pemancar FM adalah istilah yang sering kita temukan berikutnya. Pemancar FM adalah sebuah alat yang dapat dihubungkan dengan radio yang kita miliki dirumah atau dengan audio di mobil kita. Kebanyakan pemancar fm menggunakan tenaga baterai walaupun dalam beberapa kondisi dapat menggunakan sumber tenaga lain seperti listrik. Pemancar seperti ini biasanya digunakan untuk peralatan elektronik yang dapat dipindahkan seperti radio atau pemutar MP3.

Pemancar FM biasanya memiliki tenaga yang rendah sehingga kurang cocok jika digunakan didaerah dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Umumnya tinggi pemancar FM yang kita temui dipasaran berkisar 30 meter dan bila diletakkan ditempat yang tinggi seperti gedung atau tempat tinggi lain akan mempunyai daya pancar yang jauh lebih luas.

Kalau tadi kita berbicara tentang pemancar FM yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan, sekarang kita berbicara untuk pemancar yang lebih spesifik, pemancar radio. Pemancar radio atau yang sering kita sebut antena berfungsi untuk memancarkan sinyal dan gelombang dari tempat tujuan sehingga bisa ditangkap oleh radio lain. Alat ini bisa digunakan oleh stasiun radio dengan para penyiarnya yang menyampaikan berbagai berita, informasi dan music. Antena ini juga dapat digunakan oleh kelompok radio amatir yang bisa berkomunikasi dengan alat yang mereka miliki (seperti walkie talkie atau radio panggil tapi mempunyai daya jangkau lebih luas). Cukup mudah untuk mengidentifikasi orang-orang yang tergabung dalam kelompok ini dengan memperhatikan apakah dirumah mereka terdapat antena yang menjulang tinggi atau tidak.